SEKOLAH LAPANG PEMBUDIDAYA IKAN/UDANG

Kegiatan Sekolah Lapang Tambak Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Karya Mina Desa Gebang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2019. Sasaran peserta sekolah lapang tambak adalah para kelompok pembudidaya ikan yang beranggotakan laki-laki dan perempuan diharapkan ada penyetaraan gender. Tujuan sekolah lapang adalah meningkatkan kapasitas pembudidaya ikan dan memberikan informasi/pemahaman serta menerapkan  teknik budidaya ikan yang baik.

Metode budidaya yang dilakukan adalah polikultur/IMTA (Integrated Multi-Trophic Aquaculture) yang menitik beratkan pada kemampuan spesies dalam menjaga keseimbangan ekosistem sehingga setiap spesies tertentu memiliki fungsi yang berbeda harapannya keseimbangan ekosistem tetap terjaga, ramah lingkungan, lestari dan berkelanjutan.

Dalam pelaksanaan sekolah lapang materi kurikulum yang diberikan sebanyak 70 % praktek di tambak dan 30 % teori di kelas. Dalam pelaksanaannya peserta langsung terjun ke tambak untuk mengidentifikasi agroekosistem tambak guna pemecahan masalah yang akan didiskusikan dalam pengambilan keputusan untuk diterapkan dilapangan.

Diharapkan capaian dari sekolah lapang tambak peserta dapat berubah pola pikir, sikap, perilaku dalam berbudidaya sehingga dapat meningkatkan produksi dan produktivitas budidaya perikanan sekaligus mengurangi tingkat kemiskinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *